Senin, 19 September 2022

Towards-an-Architecture

 29. Towards an Architecture


Dikutip dari Toward an Architecture oleh Le Corbusier, tr. oleh John Goodman.

 hak cipta© 2007 oleh J. Paul Getty Trust. Dicetak ulang dengan izin.


Arsitektur tidak ada hubungannya dengan berbagai "gaya."Louis XIV, XV, XVI, dan Gotik bagi arsitektur seperti bulu bagi wanita kepala; mereka cantik kadang-kadang, tapi tidak selalu, dan tidak lebih. Fakta kasar dapat menerima ide hanya melalui perintah yang diproyeksikan ke atasnya. Emosi yang dibangkitkan oleh arsitektur berasal dari kondisi fisik yang tak terelakkan, tak terbantahkan, dilupakan hari ini. Volume dan permukaan adalah elemen di mana arsitektur memanifestasikan dirinya. Volume dan permukaan ditentukan oleh rencana. Ini adalah rencana yang generator. 

 Arsitektur adalah permainan volume yang hebat, benar, dan luar biasa yang disatukan dalam cahaya. Mata kita dibuat untuk melihat bentuk dalam cahaya; bayangan dan cahaya mengungkapkan bentuk; kubus, kerucut, bola, silinder, dan piramida adalah bentuk utama yang besar yang diungkapkan cahaya dengan baik; gambarnya jelas dan nyata bagi kita, tanpa ambiguitas. Itulah mengapa ini adalah bentuk yang indah, bentuk yang paling indah. Semua orang setuju tentang ini: anak-anak, liar, dan ahli metafisika. Ini adalah kondisi seni plastik. Arsitektur Mesir, Yunani, dan Romawi adalah arsitektur prisma, kubus, dan silinder, trihedron dan bola: Piramida, Kuil Luxor, Parthenon, Colosseum, Vila Hadrian. Arsitektur adalah permainan volume yang hebat, benar, dan luar biasa yang disatukan dalam cahaya. Mata kita dibuat untuk melihat bentuk dalam cahaya; bayangan dan cahaya mengungkapkan bentuk; kubus, kerucut, bola, silinder, dan piramida adalah bentuk utama yang besar yang diungkapkan cahaya dengan baik; gambarnya jelas dan nyata bagi kita, tanpa ambiguitas. Itulah mengapa ini adalah bentuk yang indah, bentuk yang paling indah. Semua orang setuju tentang ini: anak-anak, liar, dan ahli metafisika. Ini adalah kondisi seni plastik. Arsitektur Mesir, Yunani, dan Romawi adalah arsitektur prisma, kubus, dan silinder, trihedron dan bola: Piramida, Kuil Luxor, Parthenon Colosseum, Vila Hadrian.

Arsitektur tidak ada hubungannya dengan "gaya". Ini menarik bagi fakultas yang paling tinggi melalui abstraksinya. Arsitektur abstraksi memiliki kualitas yang khas dan luar biasa itu, sementara berakar pada brute faktanya, itu membuatnya menjadi spiritual. Fakta kasar dapat diterima oleh ide-ide hanya melalui urutan yang diproyeksikan ke atasnya. Volume dan permukaan adalah elemen di mana arsitektur memanifestasikan dirinya. Volume dan permukaan ditentukan oleh rencana. Ini adalah rencana yang generator. Begitu banyak lebih buruk bagi mereka yang kurang imajinasi!

Rencananya adalah generatornya. 

Mata penonton bergerak melalui situs yang terdiri dari jalan-jalan dan rumah-rumah. Ia menerima dampak dari volume yang naik di sekitarnya. Jika volume ini berbeda dan tidak direndahkan oleh modifikasi sebelum waktunya, jika ordonansi yang mengelompokkan mereka menyatakan dengan jelas ritme dan bukan aglomerasi yang tidak koheren, jika hubungan volumetrik dan spasial proporsional dengan benar, mata mentransmisikan sensasi terkoordinasi dari tatanan tinggi; ini Arsitektur. 

Mata mengamati, di aula besar, berbagai permukaan dinding dan brankas; kubah menentukan ruang; kubah menyebarkan permukaan; dermaga dan dinding cocok dengan logika yang dapat dipahami. Seluruh struktur naik dari dasar dan berkembang menurut aturan yang tertulis di tanah dalam rencana: bentuk yang indah, berbagai bentuk, kesatuan prinsip geometris. Transmisi harmoni yang mendalam; itu adalah arsitektur. Rencana adalah dasar. Tanpa rencana, tidak ada keagungan niat dan ekspresi atau ritme, atau volume, atau koherensi. Tanpa rencana ada sensasi itu, tak tertahankan bagi manusia, tanpa bentuk, dari sesuatu yang kejam, tidak teratur, sewenang-wenang.

Review:

Dalam bukunya "Towards a New Architecture" dia menekankan segi moral dan kebenaran dalam arsitektur. Dia juga mengatakan tidak ada toleransi bagi kepalsuan dan kita akan hancur dalam ketidakbenaran. Dia juga mengatakan bahwa hubungan antara kita dan alam raya berdasarkan geometri, rasio matematik dan kebenaran yang sejati dan ini berarti bahwa hubungan tersebut terjadi berbau teknologi dan dia memang menuju keindahan dari produksi teknologi.

dalam strateginya bahwa Arsitektur menjadi permainan volume yang hebat, benar, dan luar biasa yang dibawa bersama-sama dalam cahaya, itu adalah tugas arsitek untuk membawa permukaan yang menyelubungi volume ini untuk hidup, tanpa mereka menjadi parasit yang mengkonsumsi volume dan menyerapnya ke untung: kisah sedih masa kini. Untuk membiarkan volume mempertahankan kemegahan bentuknya dalam cahaya tetapi, di sisi lain, untuk sesuaikan permukaannya untuk tugas-tugas yang sering bermanfaat: yaitu menemukan, dalam divisi dikenakan pada permukaan, aksentuator, generator bentuk. Dengan kata lain, arsitektur adalah rumah, kuil, atau pabrik. Permukaan candi atau pabrik, sebagian besar waktu, dinding yang dilubangi lubang pintu dan jendela; lubang ini sering perusak bentuk; perlu untuk menjadikannya sebagai aksentuator bentuk. 

Mari kita tempatkan pengamatan saat ini di medan kebutuhan saat ini; kita membutuhkan kota-kota itu ditata dengan cara yang bermanfaat dan yang volumenya indah (rencana kota). Kami membutuhkan jalan-jalan dimana kebersihan, kesesuaian dengan kebutuhan perumahan, penerapan semangat produksi untuk konstruksi, keagungan niat, ketenangan keseluruhan menggairahkan pikiran dan membuat pesona hal-hal lahir dengan bahagia.

Le Corbusier  berkata: "You know, it's life that's always right and the architect who's wrong". Dia berpendapat ada 4 fungsi kota yang baik yakni: 

 • Menghilangkan kemacetan di pusat kota

 • Menambah kepadatan 

 • Menambah sirkulasi lalu lintas

 • Membentuk lebih banyak ruang terbuka

Kota yang dibangun berdasarkan effisiensi lalu lintas adalah kota yang dibangun untuk sukses. Dia membagi kecepatan dan tipe lalu lintas dengan meletakkan pada level yang berbeda sehingga tidak saling menghalangi. 

Sebuah rencana menuntut imajinasi yang paling aktif. Ini juga menuntut disiplin yang paling berat. Rencana menentukan segalanya; ini adalah saat yang menentukan. Sebuah rencana bukanlah sesuatu yang bagus untuk menggambar seperti wajah Madonna; itu adalah abstraksi yang keras; itu hanya aljabaryang kering untuk mata. Bagaimanapun, karya matematikawan tetap menjadi salah satuaktivitas tertinggi dari pikiran manusia.

dalam organisasi ruang le corbusier mempunyai denah yang terbuka pada bagian dasar bangunan dan bersifat efisien pada lantai atasnya. sehingga dinding interior dapat diletakkan dimanapun. penggunaan bentuk bangunan yang selalu dikombinasikan dengan bentuk lain sehingga karakteristik linear semakin kuat. bentuk bangunan nya secara umum mempunyai komposisi simetri bilateral. simetri bilateral adalah simetri yang membagi dengan sumbu tengah menjadi dua bentuk identik.  

Sebuah rencana menuntut imajinasi yang paling aktif. Ini juga menuntut disiplin yang paling berat. Rencana menentukan segalanya; ini adalah saat yang menentukan. Sebuah rencana bukanlah sesuatu yang bagus untuk menggambar seperti wajah Madonna; itu adalah abstraksi yang keras; itu hanya aljabar yang kering untuk mata. Bagaimanapun, karya matematikawan tetap menjadi salah satu aktivitas tertinggi dari pikiran manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Towards-an-Architecture

 29. Towards an Architecture Dikutip dari Toward an Architecture oleh Le Corbusier, tr. oleh John Goodman.   hak cipta© 2007 oleh J. Paul ...